Sebagian murid - murid MI Klurahan |
1. Nama Madrasah : MI NURUL ISLAM KLURAHAN
2. No. Statistik Madrasah : 111235200042
3. Akreditasi Madrasah : -
4. Alamat Lengkap Madrasah : Desa Klurahan Kecamatan Kartoharjo
Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur
No. Telp. 085235116829
5. NPWP Madrasah : 21.130.295.5-646.000
Mencetak kader - kader yang Berprestasi |
6. Nama Kepala Madrasah : Supin Murtiasih, S.PdI
7. No. Telp. : 085235116829
8. Nama Yayasan : Lembaga Pendidikan Nurul Islam
9. Alamat Yayasan : Desa Klurahan Kecamatan Kartoharjo
Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur
10. No. Telp. Yayasan : -
11. No. Akte Pendirian Yayasan : 129/03/N/VI/2006
12. Kepemilikan Tanah : Yayasan
a. Status Tanah : Milik Yayasan
b. Luas Tanah : 756 m2
13. Status Bangunan : Yayasan
Tempat belajar yang nyaman |
14. Luas Bangunan : 336 m2
15. Data Siswa Dalam Tiga Tahun Terakhir :
Tahun Ajaran
|
Kelas I
|
Kelas II
|
Kelas III
|
Kelas IV
|
Kelas V
|
Kelas VI
|
Jml Kelas
(Kelas 1+2+3+4+5+6
| |||||||
Jml Kls
|
Jml Rombel
|
Jml Kls
|
Jml Rom
bel
|
Jml Kls
|
Jml Rombel
|
Jml Kls
|
Jml Rom
bel
|
Jml Kls
|
Jml Rombel
|
Jml Kls
|
Jml Rombel
|
Jml Kelas
|
Jml Rombel
| |
2008/2009
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
6
|
2009/2010
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
6
|
2010/2011
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
6
|
Pembelajaran yang berbasis jaringan Intranet |
1. Letak Geografis
MI Nurul Islam Klurahan terletak di Desa Klurahan Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan, yaitu di bagian paling selatan dari Kecamatan Kartoharjo dan berbatasan langsung dengan wilayah Kecamatan Barat.
Adapun batas-batas wilayah dari Desa Klurahan adalah sebagai berikut:
a. Sebelah utara berbatasan dengan Desa Kartoharjo Kecamatan Kartoharjo
b. Sebelah barat berbatasan dengan Desa Bangunasri Kecamatan Barat
c. Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Ngumpul Kecamatan Barat
d. Sebelah timur berbatasan dengan Desa Pencol Kecamatan Kartoharjo
Letak MI Nurul Islam Klurahan sangat strategis karena berada diantara dua kecamatan yaitu Kecamatan Kartoharjo dan Kecamatan Barat. Lokasinya yang jauh dari keramaian menjadikan madrasah ini sebagai tempat yang tenang dan nyaman untuk belajar, sehingga segala aktifitas belajar siswa dapat terlaksana dengan baik dan lancar.
2. Sejarah Singkat Berdirinya MI Nurul Islam Klurahan
Sebelum tahun 1967 apabila masyarakat Desa Klurahan ingin memperoleh pendidikan maka harus menempuh perjalanan ke luar desa, yakni ke sebuah Sekolah Rakyat (SR) enam tahun di Desa Pencol. Pada tahun 1963 masyarakat Desa Klurahan mengajukan permohonan kepada pemerintah agar Desa Klurahan dapat mendirikan sekolah sendiri, namun hal tersebut tidak dapat terealisasikan.
Pada tahun 1966 Bapak Kyai Kasan Kusni, seorang pemuka agama desa, beserta tokoh-tokoh desa lainnya bermusyawarah dalam upaya mendirikan sebuah madrasah. Berdasarkan hasil musyawarah tersebut diperoleh kesepakatan bahwa untuk mencetak kader-kader muslim yang tangguh dan mampu bersaing di segala bidang, maka sangat diperlukan adanya pendirian madrasah yang diberi nama Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam.
MI Nurul Islam dibangun di atas tanah wakaf Bapak Kyai Kasan Kusni dengan luas tanah 756 m2. MI Nurul Islam berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Pesantren Sabilil Muttaqien (YPI PSM) yang berpusat di Takeran Magetan. Para pendiri dan tokoh masyarakat berusaha dan berjuang demi kemajuan MI Nurul Islam. Keberadaan MI Nurul Islam sangat berarti bagi perkembangan pendidikan di Desa Klurahan. Setelah terdaftar di Kantor Departemen Agama Kabupaten Magetan, MI Nurul Islam memperoleh bantuan guru negeri yang ditugaskan di madrasah tersebut.
Dalam perkembangannya, MI Nurul Islam bertambah maju pada saat dalam kepengurusan Bapak Kyai Yazid sebagai ketua yayasan. Untuk menambah kepercayaan masyarakat, maka pada tanggal 5 Juni 2006 MI Nurul Islam telah sah dan memiliki badan hukum dengan akta notaris nomor: 129/03/N/VI/2006. Bersamaan dengan itu yayasan melepaskan diri dari YPI PSM dan berubah menjadi yayasan yang mandiri dengan nama Lembaga Pendidikan Nurul Islam (LPNI). MI Nurul Islam semakin berkembang dalam kegiatan pembelajaran berkat kerja sama antara pengurus, dewan guru, komite madrasah, dan masyarakat.
Adapun nama-nama yang pernah menjabat sebagai kepala MI Nurul Islam dimulai pada saat pendirian hingga sekarang adalah sebagai berikut:
a. Bapak Suparmin tahun 1967-1984
b. Bapak Amir Ali tahun 1984-2000
c. Ibu Siti Insijah tahun 2000-2005
d. Bapak Kasmidi tahun 2005-2007
e. Bapak Parno tahun 2007-2008
f. Ibu Supin Murtiasih S.PdI tahun 2008-sekarang
3. Struktur Organisasi
Dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan dan pengajaran, kepala madrasah bertanggung jawab terhadap kemajuan dan perkembangan madrasah. Dalam melaksanakan tugasnya kepala madrasah dibantu oleh personil guru lainnya, diantaranya dalam bidang kurikulum, kesiswaan, humas, serta sarana dan prasarana.
4. Keadaan Guru dan Siswa
a. Keadaan Guru
Tabel 1
Keadaan Guru MI Nurul Islam Klurahan
Tahun Pelajaran 2010/2011
No
|
Nama Guru
|
Pendidikan Terakhir
|
Status
|
Bidang Studi yang Diampu
|
Jabatan
|
1
|
Supin Murtiasih S.PdI
|
S1/2007
|
PNS
|
Bhs. Indo
|
Ka. Mad
|
2
|
Siti Komsiyah S.PdI
|
S1/2007
|
PNS
|
Guru Kelas
|
Wali Kls 2
|
3
|
Tutik Handayani A.Ma
|
D2/2002
|
PNS
|
Guru Kelas
|
Wali Kls 1
|
4
|
Siti Wanapiroh A.Ma
|
D2/2001
|
GTY
|
Agama
|
Wali Kls 5
|
5
|
Basuki Rahmat S.PdI
|
S1/2006
|
GTY
|
Guru Kelas
|
Wali Kls 3
|
6
|
Hefita Mariana S.PdI
|
S1/2007
|
GTY
|
IPA
|
Guru
|
7
|
Umi Kulsum A.Ma
|
D2/2004
|
GTY
|
Bhs. Jawa
|
Wali Kls 4
|
8
|
Saifudin
|
MAN/2005
|
GTY
|
IPS
|
Wali Kls 6
|
9
|
Evi Nur Rohmah S.PdI
|
S1/2011
|
GTY
|
Bhs. Inggris
|
Guru
|
10
|
Irfan Budi kustanto
|
SMK/2007
|
GTY
|
Matematika
|
Guru
|
11
|
Suyono
|
SMK/2010
|
GTY
|
Penjaskes
|
Guru
|
Tabel di atas menunjukkan bahwa guru yang mengajar di MI Nurul Islam Klurahan secara keseluruhan adalah sebelas orang, yang terdiri dari empat guru laki-laki dan tujuh guru perempuan. Jumlah guru perempuan lebih banyak dibandingkan dengan guru laki-laki.
Berdasarkan pendidikannya mayoritas guru MI Nurul Islam Klurahan telah berpendidikan S1, sebagian masih berpendidikan D2 dan sebagian lainnya masih berpendidikan SMA. Tiga dari guru yang ada telah menjadi guru PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan delapan lainnya berstatus sebagai Guru Tetap Yayasan (GTY).
b. Keadaan siswa
Secara keseluruhan, jumlah siswa MI Nurul Islam Klurahan pada tahun pelajaran 2010/2011 adalah 89 siswa, terdiri dari 44 siswa laki-laki, dan 45 siswa perempuan. Siswa-siswa tersebut terbagi dalam enam tingkatan yaitu mulai dari kelas satu sampai kelas enam. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam tabel berikut:
Tabel 2
Keadaan Siswa MI Nurul Islam Klurahan
Tahun Pelajaran 2010/2011
No
|
Kelas
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
1
|
I
|
9
|
9
|
18
|
2
|
II
|
7
|
9
|
16
|
3
|
III
|
8
|
9
|
17
|
4
|
IV
|
9
|
6
|
15
|
5
|
V
|
5
|
7
|
12
|
6
|
VI
|
6
|
5
|
11
|
Jumlah
|
44
|
45
|
89
|
5. Keadaan Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana merupakan penunjang demi tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan. Adanya sarana dan prasarana diperlukan bagi peningkatan mutu pendidikan. Melalui program pendidikan dan pengajaran pula sarana dan prasarana pembelajaran dapat dimanfaatkan secara optimal.
Dalam tabel berikut dijelaskan secara rinci mengenai keadaan gedung serta sarana dan prasarana di MI Nurul Islam Klurahan.
Tabel 3
Keadaan Gedung MI Nurul Islam Klurahan
Tahun Pelajaran 2010/2011
No
|
Jenis Sarana
|
Jumlah
|
Keadaan
|
1
|
Ruang Guru
|
1
|
Baik
|
2
|
Ruang Kelas
|
6
|
Baik
|
3
|
Ruang Perpustakaan
|
1
|
Baik
|
4
|
Ruang Komputer
|
1
|
Baik
|
5
|
Ruang Peralatan
|
1
|
Baik
|
6
|
Masjid
|
1
|
Baik
|
7
|
Lapangan Olahraga
|
1
|
Baik
|
8
|
Kamar Mandi/WC
|
1
|
Baik
|
9
|
Tempat Parkir
|
1
|
Baik
|
Dari data tabel di atas terlihat bahwa MI Nurul Islam Klurahan adalah madrasah yang memiliki sarana prasarana yang memadai bagi kelancaran proses pembelajaran. di MI Nurul Islam Klurahan cukup memadai dalam mendukung berlangsungnya proses belajar mengajar. Hanya saja kurangnya sarana WC guru dan siswa sehingga perlu diperhatikan dan ditambahkan oleh pihak madrasah.
Tabel 4
Keadaan Sarana Prasarana MI Nurul Islam Klurahan
Tahun Pelajaran 2010/2011
No
|
Jenis Sarana
|
Jumlah
|
Keadaan
|
1
|
Papan Tulis
|
6
|
Baik
|
2
|
Bangku Siswa
|
30
|
Baik
|
3
|
Meja Siswa
|
30
|
Baik
|
4
|
Kursi Guru
|
6
|
Baik
|
5
|
Meja Guru
|
3
|
Baik
|
6
|
Almari
|
5
|
Baik
|
7
|
Rak Buku
|
1
|
Baik
|
8
|
Timbangan Badan
|
1
|
Baik
|
9
|
Pengukur Tinggi Badan
|
1
|
Baik
|
10
|
Mesin Hitung
|
1
|
Baik
|
11
|
Komputer
|
6
|
Baik
|
12
|
Laptop
|
1
|
Baik
|
13
|
LCD Proyektor
|
1
|
Baik
|
14
|
Printer
|
3
|
Baik
|
15
|
Scanner
|
1
|
Baik
|
16
|
TV
|
1
|
Baik
|
17
|
VCD
|
1
|
Baik
|
18
|
Alat Peraga Matematika
|
1
|
Baik
|
19
|
Alat Peraga IPA
|
1
|
Baik
|
20
|
Globe
|
1
|
Baik
|
21
|
Megaphone
|
1
|
Baik
|
22
|
Drumband Set
|
1
|
Baik
|
Berdasarkan data tabel di atas sarana dan prasarana di MI Nurul Islam Klurahan cukup memadai dalam mendukung berlangsungnya proses belajar mengajar hanya saja kurangnya sarana WC guru dan siswa yang belum memadai sehingga perlu diperhatikan dan ditambahkan oleh pihak sekolah.
6. Program Ekstrakurikuler dan Muatan Lokal
1. Bidang Keagamaan
a. Sholat berjamaah
b. Sholat dhuha
c. Sholat rawatib
d. Sholat jenazah
e. Tartil Al-Qur’an
f. Qiro’ah
2. Pembinaan pramuka
a. Latihan siaga/penggalang
b. Perkemahan
3. Bidang kesenian
a. Seni baca puisi
b. Seni kaligrafi
c. Seni hadrah
d. Seni musik/drum band
4. Bidang kemasyarakatan
a. Peringatan hari besar Islam
b. Pemberian santunan
5. Bidang olahraga
a. Senam
b. Bulutangkis
c. Catur
6. Lain-lain
a. Kursus Mapel
7. Kurikulum Bidang Studi Aqidah Akhlak di MI Nurul Islam Klurahan
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Madrasah Ibtidaiyah adalah sebagai berikut:
a. Mengenal ajaran agama Islam dan mewujudkannya dalam berperilaku sehari-hari; terbiasa hidup bersih, bugar, dan sehat; menjalankan hak dan kewajiban diri, berpikir lgis, kritis dan kreatif serta peduli terhadap lingkungan.
b. Berkomunikasi melalui berbagai media
c. Menyenangi keindahan
d. Memiliki rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air
Sedangkan Standar Kompetensi Lulusan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Aqidah Akhlak adalah membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Tujuan tersebut dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan.